Selamat datang di situs blog kami HMD Ilmu Sejarah Unair dan ikuti terus aktifitas kami di http://hmdilmusejarah15.blogspot.com/. Terima Kasih.

Pages

Friday, March 13, 2015

Kobarkan Semangat Supersemar yang Superior





 (Suasana Saat Acara Supersemar Berlangsung)

Surabaya-Historical Pers,Hall lt. 1 Fakultas Ilmu Budaya yang biasanya diisi oleh beberapa anak saja yang melakukan diskusi berubah lebih semarak dan ramai pada Selasa (11/3). Pasalnya, pengurus HMD Ilmu Sejarah sedang sangat aktif mengobarkan semangat superior para kesatria Ilmu Sejarah dalam agenda sebelas maret ini.
            Pada kesempatan kali ini, event Supersemar dikemas secara menarik ala pengurus HMD Ilmu Sejarah. Bukan berisi aksi demonstasi atau aksi penutupan jalan, namun acara santai ini dikemas dengan konsep unjuk potensi dan panampilan puisi beserta petikan akustik dari grup musik anak-anak Sejarah sendiri. Karena pada misinya sendiri, kegiatan ini bertujuan untuk memeringati dampak dari adanya surat perintah sebelas Maret yang menimbulkan pertannyaan besar sampai sekarang.
            Agenda yang berisi penampilan aksi anak-anak HMD Ilmu Sejarah ini dinilai cukup bermanfaat, hal ini dikarenakan selain memeringati hari besar nasional ada pesan moral yang diciptakan juga untuk memotivasi setiap mahasiswa Ilmu Sejarah. Walaupun kegiatan ini masih termasuk sepi pengunjung, namun minat mahasiswa untuk memberikan kontribusi berupa penampilan sudah cukup baik.
            Seperti Fatma dan Ammar, mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2014, mereka secara duet menampilkan puisi perjuangan dengan diiringi oleh petikan akustik dari grup Dr. Chefa. Puisi yang dibawakan selama kurang lebih 20 menit tersebut cukup menggugah dan mengundang banyak tepuk tangan dari penonton. Dr. Chefa, Grup akustik yang sudah tampil diawal acara pun tidak kalah memberikan penampilan menarik dengan lagu-lagu bernuansa perjuangan.
            Walaupun tidak dihadiri oleh seorang pun dosen, acara yang dirancang secara mendadak ini cukup sukses berjalan dan menjadi satu-satunya acara yang dilakukan oleh ormawa di Fakultas Ilmu Budaya. Tentu masih banyak kendala yang ada dari acara yang diketuai oleh Yusri, Ilmu Sejarah angkatan 2014, selain karena kurang mampunya menarik animo teman-teman, konsep acara yang digagas pun terkesan sangat kurang.
            “Saya menyadari kekurangan yang ada, namun sudah berjalan saja acara ini saya selalu bersyukur, awalnya acara ini hanya ingin diperingati lewat social media, namun karena permintaan dari Kahima maka kami mengeksekusinya.” Ungkap Yusrianto, mahasiswa yang menggemari filsafat ini.
            “Keinginan saya tidak sederhana kok, saya ingin masyarakat mengenang supersemar ini, mengenang dampak yang timbul pasca surat perintah itu turun, terlebih bagi masyarakat luas, saya bidik mahasiswa karena nantinya mereka yang akan menjadi garda depan pembela rakyat.” Tambah mahasiswa kalahiran 27 Juli 1996 tersebut.
            Acara yang dimulai pada 16.30 ini dilanjutkan dengan acara nonton film sejarah seusai melaksanakan sholat maghrib dan ditutup setelah film yang diputar selesai.
(WH)

0 komentar: