Selamat datang di situs blog kami HMD Ilmu Sejarah Unair dan ikuti terus aktifitas kami di http://hmdilmusejarah15.blogspot.com/. Terima Kasih.

Pages

Saturday, May 2, 2015

Ada Cerita Mawar di Balik Hari Kartini

Perempuan memegang mawar yang sedang menyampaikan aspirasinya pada acara Saatnya "Perempuan Bangkit Melawan" dalam peringatan hari kartini






            Surabaya-Historical Pers, Ada cerita mawar pada peringatan hari Kartini yang diselenggarakan oleh HMD Ilmu Sejarah Unair. Sekitar pukul 07.00 hari Minggu (26/4) pengurus HMD Ilmu Sejarah beserta mahasiswanya yang non pengurus sudah ramai berkumpul disekitar pinggir danau kampus C Universitas Airlangga.  Mahasiswa dan mahasiswi yang kini dipimpin oleh M. Agung Santoso tersebut ramai-ramai membagikan bunga mawar dalam kemeriahan euforia hari Kartini tahun 2015 ini. Berbeda dengan yang lain, aksi sebar bunga ini lebih dimaksudkan sebagai bukti kasih sayang dan penghormatan terdalam terhadap kaum wanita di Indonesia. Bukan hal aneh, mawar memang memiliki cerita tersendiri dalam mengungkapkan kisah kasih sayang, oleh karena itu pengurus HMD Ilmu Sejarah menjadikannya icon dalam peringatan tahun ini.

            Bunga mawar tersebut dibagikan kepada para wanita yang berada disekitar danau kampus C Universitas Airlangga, sehingga banyak ibu-ibu, remaja putri, sampai anak-anak yang tertarik menonton aksi anak sejarah Unair ini. Bukan sebatas membagikan bunga, mereka juga mempersembahkan tontonan menarik setelah sebelumnya melakukan orasi mengenai hari Kartini dan filosofi pembelaan kaum wanita. Barulah ditampilkan sebuah teatrikal tentang kisah kaum kapitalis yang menindas ibu-ibu. Teater seru ini berkisah tentang pemilik modal yang menyewa tentara untuk mendapatkan tanah dan mengusir ibu-ibu petani yang memiliki tanah tersebut. Kisah yang dilakoni oleh mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2014 ini terbilang ramai menyedot masa.

            Tidak kalah antusias, adik kecil yang ikut menonton pun berpartisipasi meramaikan acara dengan membacakan sebuah puisi, bahkan terdapat hal tersebut juga menarik ibu-ibunya untuk ikut membacakan puisi pula.  Turut hadir juga dalam acara tersebut dewan pers  BEM FIB, Kahima Sastra Jepang, dan beberapa anak Fakultas Ekonomi Bisnis. Hingga sekitar pukul 09.00, acara yang dihadiri kurang lebih 25  partisipan tersebut ditutup dengan suka cita. 

(WH)

1 komentar: